Heiii.. maaf sudah agak lama tidak ngepost lagii.. Berhubung AO udah kelar dan saat ini lagi menjalani awal perkuliahan yang sesungguhnya.. Saya akan bercerita pengalaman selama FEP AO ini..

 

Pertama Apa itu AO??

AO adalah salah satu rangkaian dari FEP yang kepanjangannya Academic Orientation. Sesuai namanya, pada tahap fep ini kita benar-benar seperti pada saat kuliah nanti karena bukan BC lagi yang mengajar melainkan sudah Dosen. Ada kelas besar, kelas biasa ( kecil ), praktikum di lab, sampe ada ujiannya juga lho 🙂

Pada tahap fep ini kita sudah mulai mempelajari basic dari jurusan yang kita pilih. Karena saya IT ,maka mendapat pelajaran Computer Science. Tidak hanya itu saja, di AO ini kita juga mendapatkan informasi mengenai support center yang ada di binus agar kita sukses di perkuliahan, membahas segala kurikulum yang akan kita hadapi selama +/- 4 tahun kedepan, dan juga kita mengetahui siapa dosen academic advisory kita yg akan membimbing selama 1 semester ini.

Kelas besar di AO ini dilaksanakan di ruangan ASA 0901-03 Binus Alam Sutera main campus. Ya sesuai namanya, kita digabung menjadi 1 ruangan dengan teman-teman dari 3 kelas lain dengan total mahasiswa 150an. Namun, jangan khawatir suasana belajar tidak kondusif, dikarenakan dosennya pun sangat memperhatikan kita semua satu per satu, termasuk jika ada pertanyaan maka, dari ujung ke ujung akan dijangkau oleh dosen tanpa terkecuali.

Sekarang saya akan bahas kelas kecil di AO..

Pada saat kelas kecil di AO, saya mendapat kelas LN01 yang mana akan menjadi kelas selama 1 semester ke depan. Dengan jumlah murid sekitar 50an dan sudah diajar oleh dosen.  Di kelas kecil ini juga kita mendapat tugas dari dosen untuk membuat blog tentang FEP dan juga tugas membuat karya ilmiah tentang Computer science.

Di akhir FEP AO, kita melakukan Ujian, materi nya adalah semua yang dipelajari di AO, terdiri dari essay dan praktikum koding. Karena kita hanya beberapa kali diajarkan oleh dosen, sehingga untuk melakukan ujian koding kami belum terlalu bisa. Namun, nilai ujian AO tidak akan dimasukan ke perhitungan nilai karena itu adalah simulasi ujian saat kita nanti hadapin yg sesungguhnya di UTS dan UAS :).

Tenang saja, pada saat perkuliahan awal, akan dibahas kembali materi computer science yang pernah kita dapat saat mengikuti AO. .

Tidak terasa Tahap AO selama  6 hari selesai.. Dan saatnya memasuki perkuliahan yang sesungguhnya dan FEP Tahap 3 yaitu Campus Life Orientation ( CLO ). Karena saya masih awal, maka untuk CLO belum ada pengalaman 🙂 , yang jelas intinya setelah AO Berakhir maka akan langsung menjalani perkuliahan semester awal. Semangat !!